Info Terbaru 2022

Macam - Macam Smash Bola Voli

Macam - Macam Smash Bola Voli
Macam - Macam Smash Bola Voli
Smash dalam bola voli yaitu senjata paling mematikan untuk membunuh lawan. Seorang smasher yang akan melaksanakan smash harus melalui 4 rangkaian gerakan dalam melaksanakan smash yaitu run up, take off, hitt dan landing.

Keempat rangkaian gerakan smash ini harus di lakukan secara berkesinambungan, berurutan  dan dilarang terputus supaya sanggup melaksanakan smash dengan baik.

Untuk smash sendiri terdapat beberapa macam jenis smash, untuk mengenal beberapa jenis smash berikut kami perkenalkan citra singkatnya.


Macam Smash Dalam Bola Voli

1. Open

Pemukul melaksanakan gerak awalan sehabis bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan yang tertinggi.

2. Semi

Setelah bola lepas dipasing kearah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan kedepan dengan langkah tetap menuju kearah pengumpan. Begitu pengumpan menyajikan bola dengan ketinggian 1m  ditepi atas net maka secepatnya pemukul meloncat keatas dan memukul bola. Disini kecepatan gerak harus lebih cepat dari pada smash dengan bola Open

3. Quick

Begitu melihat bola pasing ke pengumpan, maka pemukul melaksanakan awalan secepat mungkin, dengan langkah yang panjang. Timing meloncat sebelum bola diumpan dengan jarak satu jangkauan lengan pemukul dengan bola yang akan diumpan. Pemukul melayang dengan tangan siap memukul, pengumpan menyajikan bola sempurna didepan tangan pemukul. Lakukan pukulan dengan secepat²nya, gerakan pergelangan tangan yang cepat sangat baik hasilnya. Loncatan smasher vertikal, jagalah keseimbangan tubuh pada ketika melayang.

4. Drive

Smash ini biasanya dipakai oleh pemain untuk bola jauh dari net, ketika meloncat smasher agak erat dibawah bola, berbeda dengan ketika meloncat pada smash normal. Bola yang akan di smash terletak diatas kanan pundak lengan pemukul. Gerak lecutan tangan dari depan atas tubuh diputarkan kearah yang berlawanan dengan arah jarum jam, telapak tangan membentuk cekungan ibarat sendok. Cambukan keras, perkenaan bola dibagian belakang kearah bab muka dengan telapak tangan, aktifkan gerakan pergelangan tangan . Gerakan cambukan harus dibantu oleh otot² perut, samping dan bahu. Akibat cambukan kurve jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net, bola bergerak dengan cepat dan tajam.

5. Dummy

Pemain melaksanakan gerakan sama dengan pada waktu hendak melaksanakan smash, tetapi pada waktu kontak dengan bola, bola tidak dipukul melainkan disentuh saja dengan jari tangan. Lengan pemukul tetap bergerak dan dengan gerakan jari pemukul mengarahkan bola ketempat yang tidak terjaga ditempat lawan. Bola sanggup dilambungkan pendek atau panjang tergantung pada situasi.

6. Straight

Smasher sebelum melaksanakan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak kearah luar lapangan mendekati tiang net, smasher melaksanakan awalan bergerak arah paralel  dengan jaring. Begitu bola hingga dibatas tepi jaring dengan ketinggian optimal bola, segeralah melompat dan pribadi memukul secepatnya. Proses menjalankan teknik ini lebih cepat dibandingkan smash dengan bola semi.

7. Bola 3 meter

Smash ini yaitu serangan yang dilakukan dari belakang garis serang, pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang pada ketika tolakan dilarang menginjak atau melewati garis serang, tetapi pada ketika mendarat boleh saja jatuh didalam garis serang.

8. Kijang

Biasanya umpan bola back, pemukul melaksanakan langkah panjang dan naik dengan tolakan loncatan memakai satu kaki, pemukul asisten menolak dengan kaki kiri.

9. Step L

Smash ini hampir sama dengan smash normal, tetapi gerakan awalan berbeda. Pemukul melangkah kedepan, kemudian melaksanakan langkah kesamping sebelum tolakan, gres kemudian melompat naik untuk melaksanakan serangan.

10. Double Step

Smash dengan memakai gerak tipu, disini pemukul melaksanakan dua kali gerakan untuk melaksanakan tolakan meloncat. Tolakan pertama hanya berupa tipuan untuk mengecoh block, gres pada tolakan kedua pemukul meloncat dan melaksanakan serangan.

Demikian Macam - macam jenis smash dalam bola voli yang sanggup kami uraikan untuk anda, terima kasih sudah membaca postingan kami.

Baca Juga:

Hatur nuhun atas kunjungan anda, kami akhiri Wassalamu'alaikum.
Advertisement

Iklan Sidebar