Info Terbaru 2022

Tahap - Tahap Pelaksanaan Smash Bola Voli

Tahap - Tahap Pelaksanaan Smash Bola Voli
Tahap - Tahap Pelaksanaan Smash Bola Voli
Smash merupakan senjata paling mematikan dalam permainan bola voli. Kenapa demikian? lantaran smash yaitu jenis pukulan yang di lakukan dengan keras dari atas net dimana jalannya bola kencang dan menukik tajam.

Oleh lantaran itu, untuk mengantisipasi smash jalan satu - satunya yaitu dengan melaksanakan block. Lalu apa sih block itu sendiri? Block yaitu bendungan bola yang di lakukan di pinggir net dengan cara melompat dan menjulurkan tangan keatas untuk menahan bola hasil smash lawan.

Bagus dan tidaknya smash yang di hasilkan tergantung 2 faktor berikut:
  1. Kualitas umpan bola yang di berikan oleh set-upper
  2. kemampuan dari masing - masing Individu, semakin anggun kemampuan Individu maka semakin baik pula smashnya

Secara garis besar proses gerakan dalam melaksanakan smash sanggup di bagi ke dalam 4 tahapan, berikut tahapan - tahapan dalam melaksanakan smash:

o       Run Up : Lari menjangkau bola

Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, sanggup mengambil ancang² sebanyak 2 hingga 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat tubuh berangsur² merendah untuk membantu tolakan.

o       Take Off : Melompat

Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut menciptakan sudut ±110ยบ, tubuh siap untuk meloncat dengan berat tubuh lebih banyak bertumpu pada kaki yang didepan.

o       Hitt : Gerakan memukul bola

Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan sempurna diatas tengah bola bab atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan & jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul menciptakan gerakan lanjutan kearah garis tengah tubuh dengan diikuti gerak tubuh membungkuk. Gerak lecutan lengan, telapak tangan, badan, tangan yang tidak memukul dan kaki harus serasi dan eksplosif untuk menjaga keseimbangan ketika berada diudara. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola keras & cepat turun kelantai.

o       Landing : Mendarat

Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut elastis ketika mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari² kaki (telapak kaki bab depan) dan perilaku tubuh condong kedepan. Usahakan kawasan mendarat kedua kaki hampir sama dengan kawasan ketika meloncat.

Demikian tadi tahapan - tahapan dalam melaksanakan smash, supaya sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda.
Advertisement

Iklan Sidebar