Info Terbaru 2022

Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Peran Guru Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Dalam implementasi kurikulum 2013, guru tidak hanya sekedar membiarkan akseptor didik memperoleh/mengkonstruk pengetahuan sendiri, namun guru memberi setiap pertolongan yang dibutuhkan oleh akseptor didik, menyerupai : bertindak sebagai fasilitator, mengatur/mengarahkan kegiatan-kegiatan belajar, memberi umpan balik, memperlihatkan penjelasan, memberi konfirmasi, dan lain-lain.


Peran guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik  pada implementasi kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut :

1. Tahap mengamati

Membantu akseptor didik menemukan/mendaftar/menginventarisasi apa saja yang ingin/perlu diketahui sehingga sanggup melakukan/menciptakan sesuatu.

2. Tahap Menanya

Membantu peseserta didik merumuskan pertanyaan menurut daftar hal-hal yang perlu/ingin diketahui supaya sanggup melakukan/menciptakan sesuatu. 

3. Tahap Mencoba/mengumpulkan data (informasi)

Membantu akseptor didik merencanakan dan memperoleh data/informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. 

4. Tahap Mengasosiasikan/menganalisis/mengolah data (informasi)

Membantu akseptor didik mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan.

5. Tahap Mengkomunikasikan

Manager, pemberi umpan balik, pemberi penguatan, pemberi penjelasan/ info lebih luas.

6. Tahap Mencipta

memberi contoh/gagasan, menyediakan pilihan, memberi dorongan, memberi penghargaan, sebagai anggota yang terlibat langsung.


Advertisement

Iklan Sidebar