Pembelajaran dengan pendekatan saintifik yakni pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut sanggup dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Kurikulum 2013 menyebarkan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik (Permendikbud Nomor 54/2013). Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi penerima didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?
Prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, yakni :
- peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
- peserta didik berguru dari banyak sekali sumber belajar;
- proses pembelajaran memakai pendekatan ilmiah;
- pembelajaran berbasis kompetensi;
- pembelajaran terpadu;
- pembelajaran yang menekankan pada tanggapan divergen yang mempunyai kebenaran multi dimensi;
- pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
- peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
- pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
- pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
- pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
- pemanfaatan teknologi gosip dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
- pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya penerima didik; dan
- suasana berguru menyenangkan dan menantang.
Berikut contoh kegiatan berguru dan deskripsi langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 adalah:
1. Mengamati
membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat) untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui - Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat.
2. Menanya
mengajukan pertanyaan wacana hal-hal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat gosip pemanis wacana apa yang diamati - Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi wacana gosip yang belum dipahami, gosip pemanis yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.
3. Mencoba/mengumpulkan data (informasi)
melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan narasumber - Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, memalsukan bentuk/gerak, melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan.
4. Mengasosiasikan/mengolah informasi
SISWA mengolah gosip yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan gosip - mengolah gosip yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk menciptakan kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.
5. Mengkomunikasikan
SISWA memberikan hasil pengamatan, kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya - menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan mencakup proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan.
6. (Dapat dilanjutkan dengan) Mencipta
SISWA menginovasi, mencipta, mendisain model, rancangan, produk (karya) menurut pengetahuan yang dipelajari.
Advertisement